Tentang Cerdas Digital

Mulailah perjalanan Anda bersama Keluarga Kita, Akademi Berbagi, Inibudi.org, Sekolah di Awan, dan Sekolah Cikal hari ini. Kami akan menjadi teman Anda dengan menyediakan berbagai program dan alat untuk mengembangkan kecerdasan digital bagi setiap anak, orangtua, dan guru di Indonesia.

Mulailah perjalanan Anda bersama Keluarga Kita, Akademi Berbagi, Inibudi.org, Sekolah di Awan, dan Sekolah Cikal hari ini. Kami akan menjadi teman Anda dengan menyediakan berbagai program dan alat untuk mengembangkan.

Dunia digital dan Internet adalah bagian dari kehidupan anak-anak kita saat ini dan akan menjadi semakin penting serta dominan di masa depan. Berbeda dengan generasi pendidik, orangtua, maupun guru, anak-anak kita bahkan tidak ingat dan tidak pernah mengalami kehidupan tanpa gawai, tanpa akses ke segala penjuru dunia. Sayangnya, kenyataan bahwa anak-anak kita adalah manusia digital menjadi fakta yang sering harus ditanggalkan saat mereka masuk ke ruang kelas atau bahkan ke ruang keluarga.Ketidaktahuan (gaptek: gagap teknologi) atau ketidakmautahuan, ketiadaan waktu atau kurangnya komitmen pada prioritas, beban kurikulum dan pengasuhan yang sudah banyak sering kali menjadi alasan bagi guru dan orangtua untuk menafikan pentingnya kecerdasan digital. Semua faktor eksternal di atas, ditambah kondisi internal, seperti kekhawatiran, ketidakenakan dan konformitas, menjadi faktor penghambat pencapaian tujuan.

Kami mengajak Anda terlibat menjadi publik pemimpin perubahan pendidikan. Kita bersama akan bergerak. Dimulai dari Hari Pertama Sekolah menuju interaksi sepanjang tahun ajaran, dimulai dari satu jam yang singkat dengan 1 guru dan 1 kelas menuju integrasi Cerdas Digital ke kompetensi lintas-kurikulum di segala jenjang usia. Kalau Anda orangtua, ajak guru di sekolah anak Anda untuk terlibat. Kalau Anda guru, jalin komunikasi dengan orangtua masing-masing murid Anda untuk mencoba. Kalau Anda anak, ceritakan hal ini dan pengalaman digitalmu pada guru dan orangtua

Ketidaktahuan (gaptek: gagap teknologi) atau ketidakmautahuan, ketiadaan waktu atau kurangnya komitmen pada prioritas, beban kurikulum dan pengasuhan yang sudah banyak sering kali menjadi alasan bagi guru dan orangtua untuk menafikan pentingnya kecerdasan digital. Semua faktor eksternal di atas, ditambah kondisi internal, seperti kekhawatiran, ketidakenakan dan konformitas, menjadi faktor penghambat pencapaian tujuan.

Kami mengajak Anda terlibat menjadi publik pemimpin perubahan pendidikan. Kita bersama akan bergerak. Dimulai dari Hari Pertama Sekolah menuju interaksi sepanjang tahun ajaran, dimulai dari satu jam yang singkat dengan 1 guru dan 1 kelas menuju integrasi Cerdas Digital ke kompetensi lintas-kurikulum di segala jenjang usia. Kalau Anda orangtua, ajak guru di sekolah anak Anda untuk terlibat. Kalau Anda guru, jalin komunikasi dengan orangtua masing-masing murid Anda untuk mencoba. Kalau Anda anak, ceritakan hal ini dan pengalaman digitalmu pada guru dan orangtua.

 

Gerakan Cerdas Digital

Mulailah perjalanan Anda bersama Keluarga Kita, Akademi Berbagi, Inibudi.org, Sekolah di Awan, dan Sekolah Cikal hari ini. Kami akan menjadi teman Anda dengan menyediakan berbagai program dan alat untuk mengembangkan kecerdasan digital bagi setiap anak, orangtua, dan guru di Indonesia.

Mari bergabung dalam gerakan 1 Jam Cerdas Digital di sekolah dan di rumah pada bulan Juli ini dalam rangka Hari Pertama Sekolah dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kami juga akan mengajak Anda berinteraksi bersama tokoh masyarakat, anak, orangtua, dan guru yang menunjukkan keamanan, kolaborasi, kritis, kreativitas di dunia digital dalam Pesta Rakyat Kemerdekaan Indonesia, kemudian mengadakan berbagai kelas dan temu pendidik membahas berbagai topik Dilema Digital untuk belajar bersama.

4K Cerdas Digital